YOGYAKARTA, suaramerdeka.com – Pekerjaan PT Jasa Angkasa Semesta Tbk (JAS Airport Services) bakal bertambah. Hal ini karena mendapat kepercayaan mengelola layanan penumpang, bongkar muat kargo, dan pengecekan kondisi pesawat Maskapai Tiger Airways di Bandara Adisucipto Yogyakarta.
Layanan ground handling ini seiring dibukanya rute penerbangan langsung nonstop Singapura-Yogyakarta (pp) setiap hari oleh Tiger Airways per 1 Juli 2013 lalu. Operator ground handling di sejumlah bandara di Indonesia ini bakal memberikan berbagai pelayanan kepada para penumpang Tiger Airways.
Di antaranya layanan kedatangan, penjualan, dan check in tiket hingga porter untuk kargo penumpang. Kedua perusahaan ini tekan kontrak kerja sama hingga 2015, dengan opsi perpanjangan yang disepakati bersama.
"Kebanggaan bagi kami dipercaya mengelola ground handling Tiger Airways yang merupakan maskapai internasional. Kami berkomitmen memberikan layanan berkualitas dalam mendukung Jogja sebagai tujuan wisata dunia," ujar CEO PT JAS, Adji Gunawan dalam rilisnya, Kamis (11/7).
Dia menuturkan, pihaknya pertama kali mengelola layana ground handling di Bandara Adisucipto Jogja pada tahun 2007 lalu. Kualitas layanan JAS telah mendapat pengakuan berbagai maskapai internasional. Seperti Air Asia yang memberikan predikat ground handling agent terbaik bagi JAS.
"Kami juga telah mendapat sertifikat ISAGO (IATA Safety Audit for Ground Operations). ISAGO merupakan sistem audit yang disusun IATA (International Air Transport Association) yang diterapkan kepada operator ground handling sesuai standar dan prisip audit internasional," katanya.
Seperti diketahui, Jogja sebagai tujuan favorit wisatawan lokal dan asing, membuat volume kedatangan dan keberangkatan penumpang di bandara tergolong tinggi di Indonesia. Menurut data BPS Jogja, jumlah kedatangan penumpang pesawat komersil pada Mei 2013 mencapai 247.867 orang.
Jumlah itu terdiri dari 234.385 penumpang domestik dan 13.482 internasional. Jumlah itu meningkat 16,97 persen dari April 2013. Sementara keberangkatan penumpang mencapai 239.127 orang, terdiri dari 227.801 domestik dan 11.326 internasional (naik 13,75 persen).
"Sejalan dengan makin tingginya volume penumpang dan kargo pesawat, kami berkomitmen meningkatkan mutu pelayanan. Juga berkomitmen mengelola dan meningkatkan kualitas layanan ground handling di bandara lainnya agar dapat bersaing dengan bandara di luar negeri," tuturnya.
sumber: http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2013/07/11/164154